after final exam Presenter

after final exam Presenter
with my lecturer

Laman

Me and Gustav Aulia

Me and Gustav Aulia
After Final presenter

Sabtu, 03 April 2010

bETAwi cULTURE

4.2 BUDAYA BETAWI

SEJARAH SINGKAT KOTA JAKARTA
Pada abad ke 14 telah berdirinya kerajaan Pajajaran yang mempunyai banyak Bandar atau Pelabuhan. Salah satunya adalah Sunda kelapa yang letaknya disekitar kali Ciliwung ( daerah pasar ikan sekarang ).
Tahun 1522 portugis masuk ke sunda kelapa tanggal 22 Juni 1527 Sunda kelapa direbut oleh gabungan pasukan muslim demak dan cirebon yang dipimpin oleh fatahillah dan diubah namanya menjadi Jayakarta ( kemenangan yang sempurna ). Penamaan ini di ilhami dari Al-Qur’an dalam surat al fatah ayat 1 yang berbunyi “ Inna FATAHNA LAKA FATHAN MUBINA “ yang artinya “ sesungguhnya kami telah memberikan kemenangan pada mu, kemenangan yang tegas kemenangan yang tegas dan sempurna ini di alihbahasakan menjadi jayakarta.
Tanggal 30 mei 1619, jayakarta jatuh ke tangan belanda ( dibawah pimpinan Gubernur Jan Pieterszoon Coen )dan diganti namanya menjadi “ Batavieren “ ( Batavia ).
Tanggal 8 agustus 1942 , batavia jatuh ke tangan jepang dan diubah namanya menjadi Tokubethusi.
Tahun 1945 , Jakarta ditetapkan sebagai ibu kota Negara RI Tahun 1950, Jakarta menjadi kota Praja dibawah pimpinan Walikota ( walikota 1 : Bpk. Suwiryo ).


SENI BUDAYA BETAWI

Beberapa jenis kesenian yang ada didaerah Jakarta adalah :
1. Seni tari
2. Seni musik
3. Seni teater
4. seni bela diri

Seni Tari diantaranya adalah :
• Tari cokek merupakan tarian pergaulan yang penuh keriangan. Ditarikan oleh sepasang pria dan wanita. Gerakan pinggul wanita dan gerakan – gerakan lucu penari pria yang diiringi nyanyian dan hentakan musik gambang kromong.
• Tari samra adalah sebuah tarian yang khusunya ditarikan oleh penari pria. Gerakan tarinya menyerupai gerakan silat , tetapi sedikit lembut. Tari ini biasanya diselingi orkes gambus.


SENI MUSIK
Diantaranya adalah :
• Gambang Kromong adalah seni musik yang peratannya terdiri dari gambang ( kayu ), teh yan ( rebab kecil ), kong an yan ( rebab sedang ), shu kong ( rebab besar ), ning nong ( rangkaian kecil logam ), kemong ( gong kecil ), kromong, kecrek , dan kendang. Beberapa lagu betawi yang populer dan enak didengar bila diiringi perangkat musik ini adalah jail – jail kroncong , dan kemayoran . pada alat musiknya yang dihasilkan tetap budaya betawi.
• Tanjidor merupakan jenis musik pengiring yang sebagian besar terdiri dari alat –alat tiup seperti terompet, clarinet , pikolo, ditambah tambur, jidor dan lain-lain. Musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi arak –arakan , seperti ondel – ondel , pengantin sunatan dsb.

SENI TEATER
Diantaranya adalah :
• Topeng merupakan pertunjukan teater tradisional Betawi yang biasanya dibuka oleh suatu tarian yang disebut tarian topeng. Pertunjukan penuh humor segar melukiskan kehidupan sehari- hari orang betawi. Dialog antar pemain sering diselingi pembicaraan dengan penonton.
• Lenong bercerita tentang kepahlawanan ( contoh, si pitung, si jampang ) atau kejahatan. Pesan utamanya bahwa sampai kapanpun penindasan dan kesewenangan dan segala bentuk kejahatan lain akan dikalahkan oleh kebenaran dan kebaikkan. Penyajian cerita selalu diselingi humor sehingga suasana hidup dan meriah.
• Ondel – ondel menjadi “mascot “masyarakat betawi, berbentuk boneka besar terbuat dari bambu berbentuk wajah menyeramkan dihiasi dengan hiasan pengantin, ini dulu digunakan untuk mengusir roh- roh jahat yang suka mengganggu. Ondel – ondel biasanya diiringi oleh musik gambang kromong , tanjidor , gendak pencak atau Qasidah.
• Wayang kulit betawi biasanya berlakon wayang disusun sendiri oleh dalang berdasarkan cerita tokoh – tokoh mahabrata. Beberapa cerita wayang kulit betawi adalah cepot jadi raja, bambang Sinar Matahari, barung Buta Sapujagat dsb.

MAKANAN DAN MINUMAN KHAS BETAWI

 Makanan Pokok
a) Laksa : ketupat sayur, sate manis , kerupuk dan sambal.
b) Soto betawi : ketupat , soto babat , gorengan , emping dan sayur.
c) Babanci : ketupat, sayur, sate, buntil, kerupuk dan sambal.
d) Sambal / sayur godok : ketupat , sayur , semr, kerupuk merah.
e) Sayur tangkar : ketupat, sayur, emping, sate, lembut dan sambal.
f) Nasi ulam
g) Gado – gado
h) Asinan
i) Toge goring
j) Karedok.

 Makanan Pendamping
a) Ayam bekana
b) Sate pentul
c) Sate tahu
d) Laksa penganten
e) Sayur asem

 Minuman
a) Sekoteng
b) Bir pletok
c) Es kocok
d) Es kuda

 Makanan Kecil / Kue
a) Kerak telor
b) Kue pepe
c) Kue talam
d) Kue kalabikang
e) Kue jongkong
f) Kue putu
g) Kue ongol – ongol
h) Kue Lumpur sorge
i) Kue mangkok
j) Kue pancong
k) Kue cente manis
l) Kue cucur
m) Kue serabi


SENJATA KHAS BETAWI

Orang betawi mengenal beberapa jenis senjata tradisional. Beberapa diantaranya adalah badik, parang atau golok, keris, tombak, toya dan cabang.

KENDARAAN KHAS BETAWI

Kendaraan khas betawi yang dahulu digunakan adalah sbb:

• Sado, alat transportasi pertama yang meramaikan Jayakarta.
• Oorembai, sebuah kanal yang membelah molenvlet sekarang jl.gajah mada dan jl.hayam wuruk, untuk mengangkut kayu. Pada pertengahan Abad 15. penggalian kanal dilakkukan orang - orang thionghoa.
• Trem lonceng , permulaan abad 20 penguasa colonial membangun jalur transportasi berbasis trem.daya angkut mencapai ratusan orang dan gerbong tempat duduknya dibedakan.
• Sepeda kumbang, masyarakat menggunakan jenis kendaraan ini sebagai kendaraan pribadi.

RUMAH KHAS BETAWI
Pada masa sekarang ini rumah- rumah tradisional khas Betawi di Jakarta sudah mulai Langka. Namun, beberapa tempat seperti disekitar Marunda, condet ,maupun daerah-daerah pinggiran lain, rumah tradisional khas betawi masih dapat kita temukan. Ada 4 tipe rumah tradisional orang betawi yaitu tipe Gudang , tipe Kebaya dan Tipe Joglo.

1. Rumah tipe Gudan dan Bapang memiliki bentuk segi empat yang polos dan sangat sederhana.
2. Rumah tipe Kebaya memiliki beberapa bagian :
a) Langkan yaitu rumah berpagar rendah dan berfungsi sebagai serambi rumah dibuat dari kayu atau bamboo.
b) Ruang depan , biasanya terbuka setiap saat tanpa ada pintu yang menghalangi seseorang untuk masuk , yang melambangkan sifat orang betawi yang terbuka dan ramah.
c) Balai – balai dari bambu merupakan perlengkapan utama dan terdapat diruang depan , fungsinya untuk menemui tamu.
d) Atap atau wuwungan , jika dilihat dari depan akan tampak berbentuk segi tiga sama kaki dengan tambahan pet sebagai penahan hujan dan panas, sedangkan dari samping akan tampak berbentuk trapezium. Bagian atap wuwungan pada pertemuan sisi kaki segi tiga sama kaki dengan sisi kaki trapezium disebut Jurai. Jurai adalah genting yang dipasangkan atau dipaku pada ander sebagai penghubung.
e) Jendela bulat yang biasanya terdapat disamping kiri atau kanan ruang depan ada yang ditutup dengan daun jendela , seringkali ditutup dengan jendela jeruji, jendela bulat yang dikenal oleh orang betawi adalah sama sekali tidak menggunakan daun jendela ataupun jeruji yang disebut dengan melompang.
f) Lantai , rumah , baik lantai tarah maupun lantai rumah panggung biasanya jauh lebih tinggi dari halaman rumah , maksudnya untuk menghindari gangguan tamu-tamu tak diundang.

3. Rumah Tipe Joglo, beberapa bagian yang melengkapi adalah sebagai berikut :
a. Ruang depan , merupakan ruang terbuka dengan kayu jati terukir sebagai lengkanya dan berfungsi sebagai tempat menerima tamu.
b. Ruang tamu perempuan , ruang tamu khusus untuk tamu wanita.
c. Ruang tidur atau pengkeng.
d. Pendaring , berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan tempayan berisi beras dan balai-balai kecil untuk meletakkan barang.
e. Tapang , ruangan kecil dengan balai-balai yang berfungsi serba guna , dimana tersedia kendi dan peralatan minuman lainnya.
f. Dapur , terdapat tungku tradisional dengan tiga lubang biasanya dilengkapi dengan padasan , sumur beserta senggotnya.

Halaman rumah orang betawi pada umumnya ditanami dengan berbagai macam tumbuhan , beberapa jenis pohon yang biasa ditanam adalah, rambutan, nangka, kecapi, petai, jengkol, jambrang, duku,salak,tangkil, dsb. Diseputar rumah biasanya ditanami pula jenis tanaman perdu yang berfungsi sebagai “apotek hidup” antara lain jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temu lawak, beluntas dsb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar